Lomba Agustus-an yang Seru dan Tradisi Setiap Tahun

Bang Imam
0
Menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh di bulan Agustus, berbagai lomba-lomba seru dan kocak di gelar masyarakat dan lembaga di berbagai daerah. Kegiatan lomba Agustusan memang sudah menjadi tradisi yang selalu ada setiap peringatan HUT RI. Tujuannya untuk memeriahkan dan memberi nuansa kemerdekaan di kampung-kampung.

Tak sekadar meriah, lomba ini nyatanya juga mampu mendorong rasa kebersamaan masyarakat. Berikut ini 5 lomba legendaris yang selalu hadir di perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia.

1. Lomba Makan Kerupuk

Cara main lomba ini sangat mudah, peserta akan makan kerupuk yang ditelah diikat dengan tali. Mereka makan kerupuk sambil berdiri dan dalam keadaan tangan terikat.


2. Balap Karung/balapan sak

Karung goni menjadi barang paling dicari panitia saat lomba agustusan, sebabnya untuk dipakai lomba balap karung. Peserta masuk ke dalam karung dan berlari menuju garis finis, saat ada peserta yang terjatuh penonton bukannya menolong, mereka lebih dulu tertawa. Senyum lebar akan terpancar dari wajah saat mereka berhasil mencapai garis finis.

3. Balap balon

Jika balap karung adalah lomba balapan perseorangan, lomba balap bakiak ini dilakukan secara berkelompok atau beregu. Minimal 2 orang dan bisa sampai 4 orang dalam satu balon besar. Jadi, perlu kekompakan untuk bisa mencapai garis final dan menang.

4. Tarik Tambang

Lomba selanjutnya yang menuntut kekompakan adalah tarik tambang. Lawan bakal ciut nyalinya kalau sudah lihat lawan yang bertubuh gemuk dan kekar.

5. Panjat Pinang/menek jambe

Panjat Pinang menjadi lomba paling legendaris di perayaan kemerdekaan RI. Malah sejak zaman kolonialis dulu panjat pinang sudah menjadi hiburan masyarakat. Di lomba panjat pinang Peserta yang pertama kali mencapai puncak pinang berhak mengambil hadiah. Hadiahnya pun beragam dari peralatan dapur, sepeda, hingga barang elektronik.

Tuhkan, super lucu dan unik banget lomba-lomba yang diselenggarain dalam memeriahkan Hut Republik Indonesia, Gimana? Kamu juga bersemangat kan? Jadi inget masa-masa kecil dulu.... Selamat Ulang Tahun Republik Indonesia!! Merdeka! Merdeka! Merdeka! Sekali merdeka tetap merdeka jayalah Indonesia ku.


Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)