Gus Dur "Berikan Uangmu Pada Pengemis itu. InsyaAllah. Allah Segera Mengantinya"

Bang Imam
0
Gus Dur "Berikan Uangmu Pada Pengemis itu. InsyaAllah... Allah Segera Mengantinya"

Pada suatu pagi , Gus Dur masih menjabat sebagai ketua PBNU Beliau berziarah ke makam Sunan Ampel bersama dengan Asmanu, wartawan yang akrab bersama Gus Dur. Ketika memasuki kawasan makam , tiba-tiba datang seorang pengemis yang meminta-minta , Gus Dur merogoh-rogoh kantong bajunya , tetapi beliau tidak menemukan selembar uang di dalam sakunya , sebelumnya Gus Dur telah memasukan uangnya ke dalam salah satu kotak amal yang tersedia.

Gus Dur pun menyuruh Asmanu untuk memberikan uangnya pada pengemis itu.

"As kasih pengemis itu" Pinta Gus Dur.

Asmanu berkata "Cuman tinggal 5 ribu Gus, nanti kalau perlu apa-apa ", Gus Dur menimpali , "Masih untung kamu punya uang 5 ribu, pengemis itu tidak punya apa-apa." Walhasil, karena perintah Gus Dur, dengan agak berat hati ia memberikan uang 5 ribunya kepada pengemis itu.

Setelah menemani Gus Dur, Asmanu pun pulang dengan kantong kosong , sore harinya , ia bertemu dengan kawan lamanya . Pengurus persatuan Tionghoa Indonesia yang telah bertahun-tahun tidak pernah bertemu. Mereka pun asyik berbincang tentang kisah-kisah pertemanan masa lalunya.

Tanpa diduga ketika berpisah , teman lamanya memberinya uang 500 ribu. Ia pun menerimanya dengan senang hati. Tetapi ia berfikir kenapa ia memberinya uang, kebaikan apa yang pernah dilakukannya kepada temannya itu.

Namun pikirannya malah tertuju pada uang 5 ribu yang diberikannya pada pengemis pagi tadi di Makam Sunan Ampel. Belum genap sehari , Allah telah membalas sedekahnya , Alhamdulillah ucap Asmanu.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)